Data Cuaca dan Aktifitas Harian Kita

Kebutuhan terhadap data meteorologi semakin banyak diminati, dewasa ini data meteorologi sering kali digunakan untuk mengetahui kondisi cuaca dalam waktu singkat dan memberikan data tambahan terhadap aktifitas penelitian atau kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Beberapa lingkup aktifitas yang memerlukan data meteorologi diantaranya adalah:

1. Renovasi Rumah

Merencanakan untuk renovasi rumah sebaiknya dilaksanakan pada musim Kemarau, periode musim peralihan atau paling tidak beruntung pada Musim Hujan. Terjadinya musim kemarau di Indonesia bervariasi, di Jawa setidaknya pada bulan Juni-Juli-Agustus, sedangkan periode musim peralihan terdapat pada bulan April-Mei-Juni dan pada bulan September-Oktober-November, adapun periode musim hujan terjadi pada Bulan Desember-Januari-Februari. Silakan konsultasikan kepada BMKG setempat untuk mengetahui kapan musim tersebut terjadi di wilayah anda.

Dengan mengetahui data curah hujan, dapat diketahui periode musim hujan, peralihan dan kemarau anda dapat memaksimalkan proses renovasi rumah anda khususnya jika yang direnovasi adalah atap rumah. Data curah hujan bulanan sangat penting dalam mengetahui musim yang sedang berlaku saat renovasi.

Data Tekanan udara juga sangat berguna dalam mengetahui perubahan cuaca ketika melaksanakan renovasi rumah. Jika nilai tekanan semakin turun selama tiga jam terakhir, dapat diantisipasi hujan akan segera terjadi, namun hal tersebut juga perlu didukung dengan data temperatur dan kelembaban. Sehingga peralatan meteorologi yang lengkap sangat dibutuhkan dalam mendukung proses renovasi rumah.

2. Berkebun

Jika kita hobi berkebun, maka kita perlu mengetahui kondisi cuaca di lingkungan disekitar kita, keilmuan meteorologi mikro dapat digunakan disini, kita perlu peralatan termometer tanah, dan peralatan automatic weather station (AWS) sering kali ditemukan jika kita memiliki lahan ribuan hektar dengan aset kebun yang sangat besar. Optimalisasi penanaman akan sangat terasa dengan mengetahui perubahan kondisi cuaca di kebun yang sedang kita budidayakan.

Kondisi Temperatur dan Kelembaban udara akan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang ada di kebun. Kondisi dua parameter meteorologi tersebut memiliki satu kali nilai maksimum dan minimum dalam satu hari, dan keduanya saling berkebalikan. Jika Temperatur maksimal, maka kondisi kelembaban akan berada pada kondisi minimal, semakin dingin temperatur, semakin tinggi kelembaban, dan semakin panas temperatur maka kelembaban akan semakin rendah.

Kapan sebaiknya kita menanam tanaman yang ada dikebun kita, umumnya waktu yang tepat adalah sebelum matahari menjadi sangat terik, di pagi hari. Walaupun setiap tanaman memiliki karakteristiknya sendiri atau berbeda kondisinya pada tiap tanaman.

3. Gotong Royong Warga

Bekerja bersama-sama untuk menciptakan lingkungan yang bersih tentunya akan sangat baik jika dilaksanakan ketika cuaca cerah dan tidak gerimis atau hujan, sehingga kita memerlukan data prediksi cuaca dari BMKG setempat, ataupun dari berita yang ditayangkan di stasiun swasta Indonesia untuk mengetahui apakah nanti akan hujan.

Namun jika kita memiliki peralatan stasiun cuaca otomatis, atau peralatan seperti termometer, dan barometer di rumah kita, maka kita dapat mengetahui pola cuaca yang sedang terjadi di rumah kita.

Dengan mengingat bahwa kondisi kelembaban senantiasa berbanding terbalik dengan temperatur, maka data dari Termometer dapat menjelaskan secara kasar bagaimana kondisi kelembaban saat kita membaca nilai yang ada di Termometer. Semakin tinggi nilai temperatur, maka semakin panas kondisi cuaca saat itu, sehingga semakin rendah nilai kelembabannya. Nilai Tekanan udara yang ditampilkan pada peralatan Barometer akan menunjukkan potensi dari pola cuaca yang akan terjadi, jika nilai tekanan semakin turun dalam kurun waktu tiga jam terakhir, maka dapat diprediksikan akan terjadi perubahan cuaca dari cerah menjadi berawan, atau menjadi hujan.

Peralatan Meteorologi

Untuk mengetahui seperti apa peralatan Termometer yang dapat menunjukkan nilai temperatur udara, Barometer yang dapat menunjukkan nilai tekanan udara, Rain Gauge yang dapat mengukur hujan, dapat dilihat pada halaman ini

Atau jika tertarik untuk menyewa dan membeli peralatan AWS yang siap ditampilkan datanya ke internet atau ke server di rumah sendiri dapat menghubungi, PT. Alphamas